Background

Mursala Island

Mursala Island

Liburan & Rekreasi

location_onTapanuli Tengah


Mursala Island

Informasi Pariwisata


Tinggi Air Terjun Pulau Mursala tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya sekitar 35 meter. Tebing granitnya tidak tegak lurus namun cenderung landai. Warna tebing ini cokelat kemerahan dengan bagian atas sempit dan melebar di bagian bawah. Di kanan dan kiri air terjun ini tumbuh pepohonan lebat yang menambah keindahan wisata air terjun ini.

Sumber air di air terjun ini berasal dari sungai di puncak Pulau Mursala. Meski bukan berasal dari sungai besar, debit air di air terjun ini tidak pernah kering. Pada musim kemarau, debit airnya agak berkurang sedikit namun tetap ada. Jeram Air Terjun Mursala memiliki arus yang cukup deras. Sehingga, perlu energi ekstra untuk melawan arus jeram dan gelombang laut saat berenang di bawah air terjun tersebut. Air ini terasa dingin namun menyegarkan.

Ada beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di tempat wisata ini. Selain berenang menikmati pertemuan air laut dan air tawar di bawah Air terjun Mursala, anda juga dapat melakukan snorkeling. Ada ikan-ikan dan terumbu karang yang dapat anda amati saat melakukan snorkeling di bawah air terjun ini. Selain itu, anda tentu harus berfoto di depan air terjun tersebut.

Untuk mencapai tempat wisata ini, pertama-tama anda harus tiba di Sibolga terlebih dahulu. Dari Medan, anda dapat pergi ke Sibolga melalui perjalanan udara maupun darat. Namun, perjalanan darat sangat memakan waktu karena dibutuhkan sekitar 10 jam perjalanan untuk tiba di kota ini. Jika menggunakan perjalanan udara dari Medan atau kota tempat tinggal anda, anda akan turun di Bandara Pinangsori, Sibolga. 

Dari Sibolga, anda harus pergi ke Pantai Kalangan atau Pantai Pandan. Dari sini, anda dapat menuju ke Air Terjun Mursala dengan menyewa speed boat. Kapal ini dapat menampung 20 orang. Harga sewa speed boat ini cukup mahal. Namun, jika anda membayarnya dengan cara patungan dengan teman-teman anda, biayanya akan terasa lebih murah. Perjalanan dengan speed boat ini membutuhkan waktu sekitar dua jam jika cuaca mendukung.

Sumber : Klik di sini

Pariwisata Lainnya


Candi Sipamutung

Candi Sipamutung

location_onPadang Lawas

Pandang Island

Pandang Island

location_onBatu Bara

Sorake Beach

Sorake Beach

location_onNias Selatan

Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat

location_onDairi


Lihat Semua

Detil Lokasi

Mulai Berinvestasi di Sumatera Utara

Ribuan peluang menanti, jelajahi sekarang untuk mempelajari lebih lanjut.


MULAI SEKARANG